Cara Mengatasi Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil

Linu panggul atau nyeri punggung bawah sangat umum terjadi pada wanita hamil. Bahkan, sekitar 50-80 persen wanita menderita sakit punggung selama kehamilan. Ini terjadi karena selama kehamilan, wanita mengeluarkan lebih banyak hormon relaksasi yang menyebabkan ligamen dan struktur yang menyerang tulang di sendi meregang, terutama di panggul.

Berat anak yang dikandung oleh seorang wanita juga menambah ketegangan pada sendi karena memberikan tekanan yang lebih besar pada sendi pinggul. Terkadang, posisi anak juga dapat menambah tekanan pada saraf siatik.

Gejala nyeri punggung bawah selama kehamilan

Gejala sakit linu panggul atau nyeri pinggang selama kehamilan dapat berupa:

Rasa sakit atau kehilangan terus-menerus juga dapat terjadi pada satu sisi bokong atau kaki.
Nyeri di sepanjang saraf siatik, yang berasal dari bokong di bagian bawah paha belakang dan menyebar ke kaki.
Nyeri tajam atau panas.
Mati rasa atau kesemutan atau bahkan kelemahan pada kaki yang sakit.
Kesulitan berjalan, berdiri atau duduk.
Hubungi dokter Anda segera jika Anda mengalami gejala-gejala ini.

Cara mengurangi sakit punggung saat hamil

Perawatan nyeri punggung selama kehamilan dapat meliputi pijatan, terapi chiropractic dan fisioterapi. Anda dapat melakukan peregangan di rumah untuk membantu meregangkan kaki, pantat, dan otot pinggul untuk mengurangi tekanan pada saraf linu panggul. Beberapa penderita merasa lebih baik setelah berolahraga tanpa beban, seperti berenang. Ini karena saat berenang, air di sekitar tubuh membantu menopang berat badan anak.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba metode peregangan berikut untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan:

1. Pemanjangan otot piriformis

Duduk di kursi dengan kaki rata di lantai.

Tergantung pada sisi yang terkena, jika Anda merasakan sakit di sisi kiri, letakkan pergelangan kaki kiri di lutut kanan.
Kemudian luruskan punggung Anda dan regangkan tubuh Anda ke depan sampai Anda merasakan bagian pantat meregang.
Tahan posisi ini selama 30 detik.

2. Regangkan meja

Berdiri di depan meja dengan kaki sedikit lebih lebar dari pinggul Anda.
Tarik tubuh ke depan dengan kedua tangan di atas meja.
Jaga agar lengan Anda lurus dan punggung Anda ditekuk.
Jauhkan pinggul dari meja sampai Anda merasakan punggung bagian bawah dan belakang kaki terentang.
Tahan posisi ini selama 30 detik hingga 1 menit. Gerakan ini bisa diulang dua kali sehari.

3. Pose merpati

Tempatkan telapak tangan dan lutut Anda di lantai.
Kemudian letakkan lutut kanan sehingga berada di lengan Anda.
Sebarkan kaki kiri ke belakang, jaga kaki tetap dekat dengan lantai.
Tempatkan gulungan handuk di bawah pinggul kanan untuk memudahkan peregangan.
Jatuhkan tubuh ke kaki kanan, perlahan-lahan terus turunkan posisi tubuh sedekat mungkin dengan tanah. Anda dapat meletakkan bantal di bawah kepala dan lengan untuk membantu Anda.
Tahan selama 1 menit, lalu ulangi pada sisi yang berbeda.

4. Regangkan pinggul Anda

Berlutut di lantai dan letakkan telapak tangan Anda di lantai.
Ambil langkah maju sehingga pinggul dan lutut Anda membentuk sudut 90 derajat.
Gerakkan berat tubuh Anda ke depan sampai Anda merasakan gelombang di bagian depan pinggul dan kaki Anda.
Tahan posisi selama 30 detik dan ulangi pada sisi yang berlawanan.

5. Menggulung bokong dan paha belakang

Tempatkan roller busa di lantai. Duduk di roller dan letakkan kedua tangan di belakang tubuh untuk beristirahat di lantai.
Silangkan satu kaki di lutut kaki lainnya untuk membentuk “4”.
Perlahan gerakkan tubuh Anda maju dan mundur di atas roller sampai Anda menemukan tempat yang menyakitkan.
Terus lakukan gerakan selama 30 hingga 60 detik.
Ulangi pada sisi yang berlawanan.
kesimpulan
Selama kehamilan, sakit linu panggul bisa sangat menyiksa. Peregangan dapat menghilangkan rasa sakit karena gerakan ini dapat mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan gerakan panggul, punggung, punggung, dan kaki. Nyeri punggung bawah selama kehamilan juga bisa menjadi lebih parah jika Anda duduk atau berdiri dalam waktu lama, jadi pastikan Anda selalu bergerak di siang hari.

Perhatikan tubuh Anda dan hentikan kegiatan yang memperburuk rasa sakit. Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum melakukan latihan apa pun. Dalam hal pusing, sakit kepala atau perdarahan, jangan terus berolahraga dan hubungi dokter segera.

Baca juga :


CATEGORIES : Kesehatan/ AUTHOR : bintaro

Comments are closed.