Pengertian Organisasi Beserta Unsur

Memahami Organisasi

Suatu organisasi adalah tempat atau tempat di mana sekelompok orang dapat secara rasional dan sistematis bekerja bersama dengan cara yang terkendali dan dibimbing untuk mencapai tujuan tertentu menggunakan sumber daya yang tersedia.

Secara umum, organisasi akan menggunakan berbagai sumber daya khusus untuk mencapai tujuan, seperti; uang, permesinan, metode / metode, lingkungan, sumber daya manusia dan sumber daya lainnya yang diimplementasikan secara sistematis, rasional, dan terkendali.

Yang dimaksud organisasi di dunia bisnis adalah sekelompok orang atau kelompok yang bekerja sama untuk mencapai tujuan komersial.

Seperti organisasi nirlaba, dalam dunia bisnis istilah ini juga memiliki struktur yang jelas dan sudah memiliki budaya kerja. Oleh karena itu, organisasi yang berbeda akan bervariasi dalam struktur dan tujuan.

Untuk lebih memahami apa arti suatu organisasi, kita perlu beralih ke pendapat pakar. Beberapa ahli menjelaskan definisi organisasi, termasuk:

Menurut Stephen P. Robbins

Organisasi adalah aktor sosial yang secara sadar terkoordinasi dengan batas-batas yang relatif dapat diidentifikasi yang terus bekerja menuju tujuan bersama atau kelompok tujuan.

Menurut James D. Muni

Suatu organisasi adalah bentuk dari setiap persatuan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut Dr. X. Malay S., P.

Organisasi adalah proses mendefinisikan, mengelompokkan, dan mengelola berbagai kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

Elemen-elemen Organisasi

1. Personel (Orang)

Ini adalah elemen paling penting dalam sebuah organisasi di mana setiap orang memiliki level dan fungsinya sendiri.

2. Kolaborasi (kerja tim)

Organisasi dapat mencapai tujuan bersama hanya jika anggota memenuhi tanggung jawab mereka bersama.

3. Tujuan umum

Ini adalah tujuan yang harus dicapai oleh organisasi baik dalam hal prosedur, program, template, dan dalam hal hasil akhir dari pekerjaan organisasi.

4. Peralatan (Peralatan)

Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, dana dan infrastruktur diperlukan dalam bentuk organisasi yang lengkap, seperti; kantor / konstruksi, bahan, uang, sumber daya manusia dan lain-lain.

5. Lingkungan

Faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi organisasi. Misalnya, budaya sosial, politik, anggaran, regulasi, dan kondisi ekonomi.

6. Sumber daya alam

Selain lingkungan, sumber daya alam juga merupakan elemen penting yang harus diikuti agar organisasi dapat bekerja dengan baik. Beberapa contoh: air, kondisi iklim, kondisi tanah, cuaca, flora dan fauna.

Karakteristik / Karakteristik organisasi

Pengertian Organisasi Beserta Unsur

1. Terdiri dari sekelompok orang

Suatu organisasi harus memiliki anggota yang terdiri dari dua orang atau lebih.

2. Memiliki tujuan

Alasan beberapa orang bekerja sama untuk menciptakan organisasi adalah karena mereka memiliki tujuan bersama yang ingin mereka capai. Untuk tujuan ini, anggota organisasi akan bekerja bahu membahu, berjuang untuk mencapai tujuan.

3. Kolaborasi satu sama lain

Untuk mencapai tujuan organisasi, peserta harus bekerja bersama. Tanpa kolaborasi di antara anggota organisasi, tujuan tidak dapat dicapai secara efektif dan efisien.

4. Aturan

Setiap organisasi harus memiliki aturannya sendiri. Peraturan ini bertujuan untuk mengatur dan membatasi sumber daya yang mereka butuhkan untuk bekerja bersama dalam proses mencapai tujuan dan menciptakan manajemen yang baik dalam suatu organisasi.

Tujuan organisasi

Mengacu pada gagasan organisasi, tujuan organisasi tidak hanya bertujuan untuk mencapai visi dan misi perusahaan, tetapi juga untuk meningkatkan pendapatan yang melebihi biaya produksi. Inilah yang membedakan organisasi nirlaba dan nirlaba.

Secara umum, beberapa tujuan organisasi adalah sebagai berikut:

  • Sebagai wadah untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
  • Tingkatkan kemampuan, kemandirian dan sumber daya.
  • Sebagai forum bagi orang yang menginginkan pekerjaan, penilaian dan pembagian kerja.
  • Seperti tempat mencari untung bersama.
  • Organisasi memainkan peran dalam mengelola lingkungan secara keseluruhan.
  • Organisasi dapat membantu orang meningkatkan hubungan dan menggunakan waktu luang mereka.
  • Sebagai tempat memiliki kekuatan / kekuasaan dan kontrol.

Baca Juga :


CATEGORIES : Pendidikan/ AUTHOR : bintaro

Comments are closed.