Pentingnya Merawat Kesehatan Ginjal

kicaubintaro.co.id – Organ ginjal adalah organ vital. Ginjal membersihkan darah dari racun berbahaya dan limbah metabolisme yang tidak diperlukan. Kerusakan ginjal membuatnya mustahil bagi tubuh untuk mengeluarkan racun dan limbah dari tubuh, yang mengarah ke kondisi yang berpotensi mematikan. Karena itu, menjaga kesehatan ginjal sangat penting bagi semua orang.

Dimungkinkan untuk menjaga kesehatan ginjal dengan metode berikut:

1. Sering minum air putih.

Minumlah banyak air untuk memperlancar kerja ginjal. Meskipun zat terlarut tidak berbahaya (seperti gula, garam, vitamin), zat ini harus disaring dan dilepaskan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan kimiawi tubuh, sehingga metabolisme dapat berjalan secara normal. Kurangnya air minum juga merupakan faktor risiko batu ginjal.

2. Pertahankan berat badan ideal.

Kegemukan dan obesitas (kegemukan) dapat menyebabkan gangguan metabolisme dan timbulnya penyakit serius yang menyebabkan komplikasi pada penyakit ginjal seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

3. Pertahankan tekanan darah Anda dalam kisaran normal (120/80 mmHg atau kurang).

Hipertensi sering menyebabkan komplikasi penyakit ginjal. Jika tekanan darah Anda lebih tinggi dari normal atau jika Anda memiliki hipertensi, cobalah untuk mengontrol tekanan darah Anda untuk menghindari komplikasi akibat penyakit ginjal.

4. Olahraga teratur.

Olahraga teratur mengurangi risiko penyakit ginjal karena olahraga dapat merangsang metabolisme, menyehatkan jantung, mengontrol gula darah, meningkatkan sirkulasi darah dan memengaruhi faktor-faktor lain.

5. Jangan merokok.

Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk penyakit ginjal. Merokok juga memperburuk penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit kardiovaskular dan sebagainya.

6. Makan makanan yang seimbang dan sehat.

Kurangnya beberapa nutrisi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan fungsi ginjal. Kurangnya nutrisi tertentu juga dapat menyebabkan batu ginjal.

7. Batasi asupan garam.

Sodium (Na) dalam garam biasa (NaCl) memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tetapi kelebihan natrium dari garam dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk menyingkirkan kelebihan ini. Kelebihan natrium dalam tubuh juga bisa menyebabkan hipertensi.

8. Makan banyak buah dan sayuran.

Sayuran dan buah memberikan banyak nutrisi kesehatan yang penting dan mencegah berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit ginjal. Makanan berbasis buah-buahan dan sayuran juga memfasilitasi pencernaan dan tidak mengandung nutrisi berlebih.

9. Hindari konsumsi alkohol berlebihan.

Jika Anda minum banyak alkohol, ginjal Anda bekerja keras untuk membersihkan darah Anda. Minum banyak alkohol juga merupakan faktor risiko untuk jenis penyakit tertentu.

10. Jangan buang air kecil.

Kebiasaan menjaga kencing menghambat kerja ginjal dan menyebabkan orang mengkonsumsi lebih sedikit air, yang dapat menyebabkan batu ginjal.

11. Mempertahankan kadar gula darah normal (kurang dari 120 mg / dl).

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan diabetes, faktor risiko penyakit ginjal diabetik. Di atas kadar glukosa normal, ginjal bekerja keras untuk menghilangkan kelebihan glukosa dari darah.

12. Jangan mengonsumsi terlalu banyak vitamin C.

Tidak dianjurkan mengonsumsi lebih dari 1000 mg vitamin C setiap hari dalam dosis tinggi. Vitamin C dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Vitamin C yang berlebihan dalam tubuh juga meningkatkan aktivitas ginjal untuk menghilangkan sisa vitamin dari darah.

Baca Lainnya:

Perbedaan Membran Sel Dan Dinding Sel

Manfaat Salad untuk kesehatan otak

 


CATEGORIES : Kesehatan/ AUTHOR : bintaro

Comments are closed.